Selasa, 29 Januari 2013

Cara memperbaiki Windows Explorer Error atau Runtime Error



Cara memperbaiki Windows Explorer Error atau Runtime Error
Sering di alami oleh pengguna PC terutama pengguna Windows yaitu munculnya pesan error ketika mencoba untuk menutup atau membuka folder dengan Windows Explorer.Hal ini disebabkan aplikasi Exlorer.exe error.Tidak sedikit dari mereka yang mengeluhkan masalah ini, bahkan saya sendiri sering banget mengalami hal ini .Dan akibat dari masalah ini tidak sedikit dari mereka mengambil jalan pintas dengan cara menginstal ulang pc atau laptop mereka :) :) . Meskipun kesalahan ini sering dapat diperbaiki dengan menutup Windows Explorer dan kembali membuka aplikasi tambahan, ada sejumlah penyebab yang lebih serius yang dapat membuat kesalahan pada komputer Anda. Ini disebabkan oleh beberapa hal, termasuk sumber daya sistem, dan kesalahan Kernel System. berikut adalah tampilannya :
Penyebab hilangnya Explorer.exe :
1. Sistem File rusak. Ini salah satu penyebab explorer hilang. Cara termudah untuk memecahkan masalah ini adalah dengan menjalankan Scandisk untuk memperbaiki file yang rusak atau memori pada komputer Anda. Untuk menjalankan Scandisk, buka icon [My Computer] pada desktop komputer Anda dan kemudian klik kanan ikon hard drive (biasanya “C” drive). Pilih pilihan menu, [Properties] dan kemudian klik menu tab [Tools] di bagian atas. Selanjutnya klik [Check Now] tombol menu untuk scan file-file komputer Anda untuk mengetahui kesalahan. Setelah diketahui, sekarang silakan lakukan REPAIR WINDOWS.
2. System Resources Not Available. Hal ini disebabkan adanya kesalahan aplikasi Explorer.exe sejumlah resources. Ini biasanya karena komputer Anda memiliki terlalu banyak program yang aktif terbuka pada waktu yang sama. Sekarang ini walaupun bandwidth komputer kecepatan tinggi, banyak pengguna komputer mengisi hard drive mereka dengan film dan musik dan tidak menyadari bahwa mereka memiliki masalah dengan hard drive space sehingga dapat menyebabkan error. Sebuah solusi yang sederhana, adalah untuk membebaskan ruang harddisk sampai setidaknya 50% jika ini telah menjadi penyebab kesalahan pada komputer Anda.
3. Komputer terinfeksi Virus atau Malware . Sejumlah virus komputer yang aktif di Internet dapat memicu kesalahan aplikasi explorer.exe. Ini paling sering saya temukan. Virus menghilangkan explorer.exe dalam upaya untuk mencegah penghapusan virus dari komputer Anda. Cara pencegahan terbaik untuk ini penyebab kesalahan adalah untuk menjaga program komputer dan update antivirus yang terinstall pada komputer Anda. Jika saat ini komputer Anda masih akan terinfeksi, silakan restart PC dalam “Windows Safe Mode” dengan menekan “F8″ untuk masuk Safe Mode. Setelah masuk Safe Mode, silakan menjalankan update program anti-virus anda diikuti dengan scan penuh untuk membasmi virus.
4. Aplikasi Komputer tidak kompatibel. Penyebab umum lainnya dari kesalahan ini adalah instalasi perangkat lunak komputer yang tidak kompatibel dengan versi Windows yang berjalan pada komputer Anda. Cara mudah untuk mengetahui apakah ini adalah penyebab masalah Anda, adalah jika Anda baru menginstall program komputer dan kemudian Anda mulai terjadi masalah. Jika itu terjadi, program tadi adalah penyebabnya.
5. Program Software Apakah Lambat untuk Menanggapi. Explorer tidak hilang tetapi tidak berfungsi. Jika Anda memiliki program komputer yang harus menunggu lama untuk mengakses jaringan atau media portabel, ini juga dapat menyebabkan kesalahan aplikasi explorer.exe. Jika penyebabnya adalah sumber daya jaringan, maka Anda mungkin ingin menunggu sedikit dan mencoba lagi. Jika portable media seperti DVD atau CD, silakan eject disk dan coba lagi.
Bagaimana Cara memperbaiki Windows Explorer Error atau Runtime(Error)? tanpa harus instal ulang PC atau laptop? ikuti langkah-langkah di bawah ini :
Cara memperbaiki Windows Explorer Error atau Runtime(Error) :
1. Tutup semua program yang aktif.
2. Klik kanan My Computer —-> Pilih Properties.
3. Pilih tab Advanced —> dibawah menu Performance klik tombol Setting
4. Setelah keluar kotak dialog box Performance Option lalu pilih tab Data Execution Prevention.
5.Pilih Turn on DEP for all programs and services except those I select.
6.Jika anda sudah melihat Windows Explorer klik checkbox Windows Explorer lalu pilih OK.
7.Jika Windows Explorer belum terlihat klik tombol Add : lalu browse (pada umumnya windows explorer terletak pada C:\WINDOWS\explorer.exe) lalu jalankan langkah no.4
8.setelah tombol OK di klik keluar dialog box yang menyatakan setting yang barusan kita lakukan akan memberi efek setelah komputer direstart.
9.Klik OK lalu restart komputer anda.
Semoga dengan cara-cara di atas bisa membantu anda,ketika suatu saat mengalami hal yang sama dengan saya.
Cara membuat web server lokal yaitu kita install applikasi web server di komputer kita sendiri. Ada banyak applikasi yang bisa dijadikan sebagai Server Website di komputer kita. Baik itu web server di Windows XP ataupun OS lain seperti linux ( Ubuntu , Suse , dll). Oo…iya hampir lupa, satu yang penting web server lokal ini adalah gratis karena kita tidak perlu sewa domain dan hositng.
Software aplikasi web server yang paling populer adalah :
• Internet Information Service (IIS). IIS ini biasanya sebagai bawaan dari windows. Pada umumnya digunakan pada windows 2000 server dan windows 2003. IIS ini menggunakan bahasa ASP dan banyak dipadukan dengan database MSSQL. Bagi anda yang jago vb script , maka ASP ini sangat cocok buat anda.
• Apache. Ini biasanya untuk website dengan bahasa PHP dan dipadukan dengan database MySQL. Software yang satu ini gratis.
Karena pertimbangan biaya maka banyak orang memakai Apache , PHP & MySQL untuk membuat server website lokal. Dan juga di hostingan , rata-rata sudah menyediakan fasilitas PHP & MySQL tersebut. Karena itu kita fokuskan topik kita ke web server ini saja.
Kita bisa download Apache , PHP dan MySql dari websitenya dan install satu -satu di komputer kita untuk membuat server website lokal. Tapi ini lebih ribet. Ada beberapa pengembang yang sudah menyediakan satu installer untuk paket tersebut ( Apache , PHP dan MySql ) , seperti :
• XAMPP
• WAMPP
• DONGKRAK
Yang pernah saya coba dan saya pakai di komputer saya adalah XAMPP (basic package) version 1.6.7 untuk Windows. XAMPP ini cukup bagus dan fitur juga cukup lengkap. Berikut fitur – fitur dari XAMPP :
1. Apache 2.2.9
2. MySQL 5.0.51b
3. PHP 5.2.6 + PHP 4.4.9 + PEAR
4. PHP-Switch win32 1.0 (please use the “php-switch.bat”)
5. XAMPP Control Version 2.5 from http://www.nat32.com
6. XAMPP Security 1.0
7. SQLite 2.8.15
8. OpenSSL 0.9.8h
9. phpMyAdmin 2.11.7
10. ADOdb 4.98
11. Mercury Mail Transport System v4.52
12. FileZilla FTP Server 0.9.25
13. Webalizer 2.01-10
14. Zend Optimizer 3.3.0
15. eAccelerator 0.9.5.3 for PHP 5.2.6 (comment out in the php.ini)
Sebagian fungsi fitur ini saya juga belum begitu paham. Tapi yang penting adalah ada Apache , PHP dan MySql , dimana ketiga inilah yang paling kita butuhkan untuk membuat lokal web server di komputer kita.
Cara menginstall XAMPP ini juga mudah. Berikut cara cara install XAMPP menjadi web server di komputer kita.
1. Download XAMPP di servernya ( http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html)
2. Double klik pada file yang baru dodownload untuk unpack installer. Pilih folder pada level tertinggi untuk tempat unpack file tersebut seperti E:\xampp atau C:\xampp atau folder yang lainnya. Ingat jangan gunakan folder flash disk dan sejenisnya.
3. Buka folder tempat anda unpack sebelumnya.
4. Double klik setup_xampp.bat untuk install XAMPP
5. Cari dan double klik file xampp-control.exe untuk membuka setting XAMPP.
6. Disini anda bisa start dan stop Apache , MySQL server dan fitur lain. Untuk latihan ini saya kira anda cukup start Apache , MySQL saja.
7. Buka browser anda dan ketik http://127.0.0.1 atau http://localhost maka server website lokal anda akan terbuka.
Sampai disini anda sudah berhasil membuat komputer kita menjadi web server. Anda bisa menggunakan phpMyAdmin untuk membuat database.
Copy kan web page anda ke ?:\xampp\htdocs atau buat subfolder dari htdocs untuk website anda. Contoh : Jika anda buat subfolder “coba” maka dari browser anda akan diakses dengan http://localhost/coba

Tiada ulasan:

Catat Ulasan