Rabu, 30 Januari 2013

Cara Menggunakan OSPF



Router(config)#router ospf process-id
Router(config-router)#network address wildcard-mask area area-id

Penjelasan sedikit tentang command diatas. process-id itu bisa digunakan antara nomor 1 dan 65,535. Nah yang wildcard-mask itu caranya adalah membalikkan subnet-mask. ex: subnet-mask = 255.255.255.0 lalu wildcard-mask = 0.0.0.255. area-id itu dapat digunakan dari angka 0 to 65,535. Dalam OSPF setidaknya kita harus punya area 0. area 0 sering disebut sebagai backbone.. dan setiap area2 lainnya yang ingin dibuat harus terkoneksi ke area 0. Bila router tersebut dalam ruang lingkup backbone, maka area-idnya harus 0.

Cara Setting OSPF Priority di Interface
Router(config)#interface fastethernet 0/0
Router(config-if)#ip ospf priority 0-255

Cara tersebut utk membuat interface dipilih menjadi DR, tapi ingat.. priority terbesar lah yang akan dipilih menjadi DR dan priorty ke 2 yg akan dipilih menjadi BDR. Klo interface tidak di setting priority, berarti interface memiliki priority yg default atau priority = 1.



Verifying OSPF Configuratino

Router#show ip protocol
Router#show ip route
Router#show ip ospf interface
Router#show ip ospf
Router#show ip ospf neighbor detail
Router#show ip ospf database




Keuntungan menggunakan OSPF


* Speed of convergence
* Support for Variable Length Subnet Mask (VLSM)
* Network size
* Path selection
* Grouping of members


Nah, kira2 seperti itulah penjelasan sedikit tentang OSPF dari sudut pandang CCNA, dan tentunya masih banyak kurangnya.. yang penting bagi saya adalah, informasi ini bisa berguna bagi temen2 yang membacanya.
Saya juga memohon bantuan dari teman2, klo dalam penulisan diatas ada yang salah atau ada yang kurang, mohon di kritik ajah atau bisa ditambahkan melalui comment. Terima kasih..

Tiada ulasan:

Catat Ulasan